Tes Potensi Skolastik

Tes Potensi Skolastik UTBK SBMPTN 2020

Tes Potensi Skolastik UTBK SBMPTN – Seleksi masuk ke perguruan tinggi pastinya menjadi highlight tersendiri yang begitu mendapat atensi cukup besar dari para calon mahasiswa. Terlebih bagi mereka yang berada di bangku kelas 12 sekolah menengah atas.

Ada berbagai jalur masuk yang bisa dimanfaatkan untuk masuk ke perguruan tinggi idaman, diantaranya adalah SBMPTN. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang dilakukan serentak di seluruh wilayah negara Indonesia tersebut sudah terjadwal dengan rapi pada tahun 2020.

Tercatat menurut jadwal yang diberikan Menristekdikti, SBMPTN tahun 2020 akan dilaksanakan pada tanggal 5-12 Juli 2020. Untuk bisa mendaftar SBMPTN, para calon mahasiswa harus menjalani UTBK atau Ujian Tulis Berbasis Komputer.

Salah satu materi yang diujikan pada UTBK adalah Tes Potensi Skolastik. Berikut ini ulasan lengkap mengenai Tes Potensi Skolastik SBMPTN yang perlu anda tahu!

Berbagai Hal Yang Perlu Anda Tahu Tentang Tes Potensi Skolastik SBMPTN!

Kebijakan pemerintah terkait ujian yang harus dilalui oleh para calon mahasiswa ketika ingin masuk ke perguruan tinggi sedikit berubah tahun 2020. Dalam Surat Edaran Nomor 11/SE.LTMPT/2020 tentang perubahan jadwal pelaksanaan UTBK yang dikeluarkan oleh LTMPT tanggal 6 April 2020, TPS menjadi materi pokok yang akan diujikan.

Hal ini merupakan akibat dari pandemi virus COVID-19 yang berkepanjangan. Sehingga terjadi berbagai perubahan mengenai pelaksanaan UTBK SBMPTN seperti poin-poin berikut ini :

  1. Tes Potensi Akademik tidak akan diujikan pada UTBK 2020. Materi yang diujikan hanyalah Tes Potensi Skolastik atau TPS.
  2. Peserta yang mengikuti UTBK hanya bisa mengambil satu (1) kali kesempatan mengikuti tes.
  3. Terdapat empat (4) sesi tes yang dilakukan setiap harinya selama masa UTBK 2020 berlangsung.
  4. Calon peserta pelaksanaan UTBK dan SBMPTN hanya bisa mendaftar sebanyak sekali atau bersamaan. Selain itu, calon peserta juga harusnya memilih lokasi tes pusat UTBK pada saat memilih Perguruan Tinggi Negeri dan Program Studi Tujuan yang diinginkan.
  5. Pendaftaran UTBK dan SBMPTN tahun 2020 dilaksanakan pada tanggal 02 hingga 20 Juni 2020.
  6. Pelaksanaan UTBK dimulai sejak tanggal 05 hingga 12 Juli 2020.
  7. Pengumuman SBMPTN dimulai sejak tanggal 25 Juli 2020.

Lalu apa sih, Tes Potensi Skolastik SBMPTN itu?

Tes Potensi Skolastik yang biasanya diujikan pada waktu UTBK adalah jenis tes yang menguji tingkat pemahaman kognitif calon mahasiswa. Selain itu, kemampuan penalaran juga menjadi fokus dari ujian ini. Kedua jenis subtopik tersebut penting untuk diujikan karena dianggap sebagai tolak ukur keberhasilan pada perguruan tinggi.

Berbagai cakupan lain yang termasuk pada ujian Tes Potensi Skolastik SBMPTN adalah pengetahuan umum, pengetahuan kuantitatif, kemampuan penalaran umum, hingga kemampuan calon mahasiswa untuk memahami bacaan panjang dan menulis.

Ada dua jenis Tes Potensi Skolastik yang harus anda tahu, yaitu reasoning test dan subject test. Kemampuan membaca, menulis, dan menghitung angka tingkat menengah hingga tinggi akan diujikan pada TPS tipe reasoning test. Sedangkan ketrampilan mahasiswa pada bidang yang memerlukan penalaran termasuk dalam TPS tipe subject test.

Berikut ini berbagai jenis soal yang kemungkinan besar akan keluar pada Tes Potensi Skolastik UTBK SBMPTN 2020 :

TPS – Penalaran Umum

Pada jenis tes yang satu ini, kemampuan penalaran umum para peserta ujian akan benar-benar dites. Berikut ini cakupan dari jenis soal TPS Penalaran Umum :

  • Kesesuaian pernyataan, yang menguji pemahaman peserta ujian dari berbagai aspek yang ada pada paragraf. Seperti tabel, grafik, diagram, dan isi teks berupa paragraf panjang yang harus disimpulkan.
  • Simpulan yang logis, yaitu jenis soal yang menguji pemahaman peserta ujian terhadap isi teks yang dihadapi.
  • Penalaran secara analitik, yaitu jenis soal yang mengharuskan para peserta menganalisis soal berdasarkan data yang telah diberikan para penguji.

TPS – Pemahaman Bacaan

Pada jenis soal yang satu ini, peserta akan menghadapi berbagai jenis bacaan. Terdapat beberapa subtopik pada jenis tes TPS yang satu ini, diantaranya adalah :

  • Pemahaman akan isi bacaan, yaitu jenis soal yang disuguhkan dan menguji kemampuan peserta dalam mencermati serta menyaring informasi yang diperlukan dari sebuah teks. Peserta juga diharapkan mampu memahami keseluruhan bacaan yang telah disajikan.
  • Penalaran akan kebahasaan, yaitu jenis soal yang menguji pemahaman para peserta ujian mengenai struktur bahasa yang diterapkan dalam pembuatan soal. Peserta juga diharapkan mampu memahami kaidah penulisan berbahasa Indonesia yang baik dan benar.

Tes Potensi Skolastik – Pengetahuan Umum

Pada jenis soal Pengetahuan Umum, peserta diajak untuk menyelesaikan berbagai soal yang berkaitan dengan pengetahuan umum. Berikut ini cakupan jenis soal TPS Pengetahuan Umum : 

  • Pengetahuan umum Bahasa Indonesia, mencakup berbagai jenis soal yang menyinggung tentang struktur kata dan kalimat dalam bahasa Indonesia. Seperti penggunaan kata ganti, konjungsi, tanda baca, dan lain sebagainya.
  • Pengetahuan umum Bahasa Inggris, mencakup jenis soal berbahasa Inggris yang tingkatnya medium hingga sulit. Biasanya berbentuk soal pilihan ganda dengan teks yang cukup panjang.

TPS – Pengetahuan Kuantitatif

Bagi para peserta yang pernah mengikuti UTBK SBMPTN, jenis soal yang satu ini dinyatakan sebagai yang tersulit. Berikut ini cakupan soal yang ada pada jenis TPS Pengetahuan Kuantitatif :

  • Tipe soal pilihan ganda : yang biasanya berisi soal logika dasar serta hitungan matematika yang levelnya terbilang mudah.
  • Tipe soal pilihan nomor 1 hingga 4 : berisi empat buah pilihan yang harus dijawab dengan jawaban paling benar menurut pertanyaan.
  • Tipe soal analisis kecukupan data : tipe soal yang terdiri atas sebuah pertanyaan dan  2 informasi. Peserta ujian harus mengolah informasi yang tersedia sehingga ditemukan jawaban yang tepat.
  • Tipe soal perbandingan dua nilai : tipe soal yang menggunakan sebuah informasi dengan dua buah variabel. Satu buah variabel dicari dengan menggunakan informasi yang telah disajikan, sedangkan variabel lainnya menggunakan nilai yang telah diberikan. Lalu dari kedua variabel tersebut, ditentukan yang lebih besar nilainya.

Keempat jenis soal Tes Potensi Skolastik SBMPTN di atas adalah gambaran garis besar mengenai UTBK yang dilakukan pada tahun ini. Untuk bisa lolos TPS SBMPTN dengan nilai yang memadai, maka anda memerlukan kecermatan yang tinggi dalam mengerjakan soal.

Berikut ini berbaga tips agar anda bisa lolos Tes Potensi Skolastik UTBK SBMPTN tahun 2020 :

  1. Cermati soal dengan benar, dan utamakan ketelitian serta penalaran ketika mengerjakan soal.
  2. Teliti lebih lanjut informasi yang telah diberikan oleh para penyaji untuk bisa mengerjakan soal, terutama yang berupa soal kuantitatif.
  3. Tidak perlu membaca keseluruhan isi teks karena hal tersebut hanya menghabiskan waktu. Baca paragraf inti serta yang ada pada pertanyaan agar manajemen waktu lebih efektif dan efisien.
  4. Tidak perlu menjawab soal yang anda tidak tahu dengan pasti jawabannya, karena dapat mengurangi poin.

Nah, itulah beberapa hal yang harus anda tahu mengenai Tes Potensi Skolastik UTBK SBMPTN 2020. Semoga bermanfaat!

Write a Comment