Pusat Bimbel Karantina Supercamp SBMPTN

Konsep Bimbingan Belajar: Pengertian, Tujuan, dan Fungsi

Konsep bimbingan belajar
Konsep bimbingan belajar

Konsep merupakan sebuah rancangan berbagai kegiatan yang telah terencana. Tentu semua lembaga maupun organisasi memiliki sebuah rancangan sebuah rencana. Tak terkecuali pada bimbel yang pastinya mempunyai sebuah konsep bimbingan belajar sebagai pedoman.

Konsep Bimbingan Belajar Berkaitan dengan Pengertiannya

Sudah banyak para ahli yang menjelaskan apa itu bimbingan belajar. Mungkin beberapa dari Anda telah mengetahui hal ini secara jelas. Adapun beberapa definisi bisa didapat dari sebuah bimbel itu sendiri. Berikut ini penjelasan kedua pengertian yang dikemukakan oleh para  ahli!

  1. Pengertian Bimbel Secara Umum

Bimbingan belajar adalah pemberian bantuan kepada peserta didik untuk mendapatkan ilmu tambahan di luar pendidikan formal. Kegiatan tersebut bisa berjalan jika tidak adanya unsur paksaan, sehingga suasana belajar menjadi lebih nyaman dan santai tanpa tekanan.

Bimbingan belajar bukan hanya memberikan tambahan ilmu, namun membantu peserta didik dalam mengatasi kesulitannya untuk belajar. Selain itu, meningkatkan keterampilan serta pengetahuannya agar lebih mampu memahami berbagai jenis persoalan maupun masalah di lingkungannya.

  1. Menurut A J Jones

Pengertian dari bimbingan belajar menurut A. J. Jones yakni suatu proses dalam memberikan bantuan kepada seseorang untuk membantu mereka menentukan pilihan serta memecahkan masalah dalam kehidupannya dengan menggunakan berbagai kemungkinan yang ada.

Selain itu, bimbingan belajar juga memberikan sebuah metode pembelajaran baru yang mungkin tidak ada  di pendidikan formal. Dengan demikian, mereka bisa belajar secara cepat dan nyaman menggunakan berbagai jalan untuk memecahkan berbagai masalah.

  1. Menurut L D Crow dan A Crow

Sedangkan menurut L. D. Crow dan A Crow, bimbingan belajar memiliki arti sebagai pemberian atau penyaluran suatu bantuan oleh seseorang dengan berbagai keahlian serta terdidik kepada orang lain, biasanya batas usianya tidak tentu untuk dapat menjalani kegiatan dalam hidupnya.

Dari pengertian tersebut, kesimpulannya adalah bahwa penggunaan tenaga pengajar untuk memberikan bimbingan belajar kepada orang lain haruslah ahli dan profesional. Memiliki pengalaman di bidang belajar mengajar supaya peserta didik mampu memahami apa yang dia sampaikan.

Tujuan Bimbingan Belajar

Sebuah kegiatan, lembaga, organisasi, atau yang lainnya pasti memiliki tujuan yang harus tercapai. Tidak terkecuali pada proses belajar melalui bimbingan belajar ini. Ada berbagai tujuan harus teraih agar aktivitas di dalamnya menjadi lebih sistematis serta tertata. Berikut penjelasannya!

  1. Supaya proses Belajar Bisa Diamati Secara Langsung

Tujuan pertama adanya bimbingan belajar adalah agar proses belajar peserta didik dapat teramati secara langsung. Walaupun orang tua tidak bisa terus menerus menemani si buah hatinya di sebuah lembaga bimbel, namun mereka tetap bisa tahu perkembangan anaknya.

Perkembangan anak selama beberapa periode setelah mengikuti bimbel bisa terlihat dari pemberian laporan kepada orang tua oleh pihak bimbingan belajar tersebut. Selain itu, orang tua juga dapat mengetahui metode dan teknik pembelajaran seperti apa yang dijalankan.

  1. Membantu Mengembangkan Potensi Peserta Didik

Semua orang pastinya memiliki potensi di dalam dirinya. Setiap individu memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Bimbingan belajar juga mempunyai tujuan untuk membantu mengembangkan potensi tersebut agar peserta didik mampu menggunakannya di masa depan.

Memfokuskan kemampuan mereka dengan metode cara penerapan belajarnya, dengan demikian, peserta didik mampu mendapatkan dua keuntungan, yaitu memahami pelajaran dan juga menekuni keterampilannya.

Fungsi Bimbingan Belajar

Fungsi dari bimbingan belajar sendiri terpengaruh akibat adanya beberapa faktor yang bergna sebagai penunjangnya. Proses belajar peserta didik haruslah terarah dan sistematis dalam pelaksanaannya agar nanti bisa mendapatkan hasil sesuai harapan. Berikut 2 fungsi bimbel!

  1. Membantu Memahami dan Menyerap Pelajaran

Fungsi pertama dari adanya bimbel privat ION tersebut yakni memberikan bantuan dalam memahami dan menyerap materi pelajaran dari sekolah. Jika anak Anda tidak bisa menyerap maupun memahami pelajaran di sekolah, mungkin memberikannya tambahan pelajaran adalah kunci.

Bimbel yang dijalankan oleh Mahasiswa Universitas Indonesia tersebut tentu menjadi salah satu rekomendasi sangat pas. Pasalnya, tenaga ahli serta dukungan teknologi di dalamnya sangatlah membantu peserta didik di zaman sekarang untuk belajar lebih aktif lagi.

  1. Lebih Aktif dan Pandai Bersosialisasi

Fungsi selanjutnya dari adanya bimbel itu sendiri adalah membuat peserta didik menjadi lebih aktif dan juga pandai bersosialisasi. Mereka dengan mudah akan mendapatkan teman baru di luar sekolah, memperbaiki lingkungannya agar lebih nyaman untuk mereka lebih berkembang.

Selain itu, biasanya tentor sebuah bimbel akan menyuruh peserta didiknya untuk saling berdiskusi dan menyelesaikan sebuah masalah. Dalam satu kelompok, tidak semua individu dari sekolah yang sama, dengan cara ini, mereka bisa meningkatkan rasa percaya diri dan kemampuan berbicaranya.

Bimbingan Belajar Privat

Bimbingan belajar privat biasanya berjalan di luar jam sekolah dengan tujuan memberikan tambahan materi pada peserta didik. Namun, masih mengacu pada kurikulum yang ada di sekolah. Bimbel ini bersifat fleksibel dan tidak mengganggu jam belajar di pendidikan formal.

Sudah banyak sekali penyedia layanan jasa bimbel privat di Indonesia, salah satunya adalah bimbingan belajar privat ION. Lembaga ini seringkali bekerjasama dengan orang tua, guru, dan juga calon peserta didiknya untuk membantu mereka mencapai tujuan yang sesuai cita-citanya.

Tidak hanya itu, bimbel ini juga menyediakan karantina untuk mereka yang ingin masuk ke PTN impian. Namanya adalah supercamp. Penawaran harganya pun sangat terjangkau, sehingga tidak menguras banyak isi kantong Anda.

Itu tadi informasi mengenai konsep bimbingan belajar yang berfungsi sebagai dasar untuk menjalankan sebuah lembaga bimbel supaya berjalan mulus kedepannya. Memberikan pembelajaran secara baik dengan menggunakan tenaga ahli juga profesional di bidangnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *