Jadwal UTBK SBMPTN 2020

[Info Terbaru] Jadwal UTBK SBMPTN 2020

Jadwal UTBK SBMPTN 2020 – UTBK SBMPTN 2020 dinilai berbeda dengan sistem tes masuk perguruan tinggi di tahun –tahun sebelumnya. Peserta yang mengikuti tes ini dperuntukkan bagi calon mahasiswa tahun 2020 dan 2 tahun angkatan sebelumnya yaitu 2018 dan 2019. Selain terdapat banyak perubahan tata cara pendaftaran dan sistem UTBK 2020. Berikut beberapa tata cara pendaftaran UTBK SBMPTN dan informasi berkaitan lainnya.

Persyaratan UTBK 2020 yang Harus dipenuhi Oleh Setiap Peserta

Terdapat beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi sesuai kriteria dari pihak panitia. Apabila Anda tidak mengikuti prosedur dapat dipastikan Anda tidak terdaftar sebagai peserta UTBK 2020. Hal ini akan mempengaruhi keikutsertaan Anda dalam menempuh tes masuk di perguruan tinggi negeri. Berikut syarat-syaratnya:

  1. Bagi Anda yang menduduki jenjang pendidikan kelas 12 di SMA/SMK maupun MA atau peserta yang berasal dari program paket C di tahun 2020.
  2. Para Peserta angkatan dua tahun sebelumnya yaitu tahun 2018 dan 2019 yang telah lulus SMA/SMK maupun MA atau peserta yang berasal dari program paket C di tahun 2018 dan 2019.
  3. Semua peserta yang mengikuti tes UTBK diharuskan tes satu kali dengan memilih kelompok ujian dengan ketentuan yang sudah ditetapkan.
  4. UTBK untuk kelompok ujian SAINTEK melakukan tes TKA Sintek dan TPS
  5. UTBK untuk kelompok Soshum melakukan tes TKA Soshum dan TPS
  6. UTBK untuk kelompok campuran alias saintek dan soshum diwajibkan melakukan tes TKA Saintek, TKA Soshum dan TPS.
  7. Pembayaran UTBK untuk tahun 2020 terdiri atas 2 jenis yaitu, peserta yang memilih jalur tes Soshum maupun Saintek diwajibkn membayar 200 ribu sedangkan peserta yang memilih jalur IPC atau campuran diharuskan membayar 300 ribu untuk mengikuti tes UTBK 2020.

Tata Cara Pendaftaran UTBK 2020 Secara Mandiri di LTMPT {LIHAT UPDATE Jadwal UTBK SBMPTN 2020 DIBAGIAN BAWAH ARTIKEL}

Bagi Anda yang ngin mengikuti UTBK 2020 bahwa pembukaan pendaftaran tes dilakukan tanggal 30 Maret 2020 hingga penuupan tanggal 11 April 2020. Apabila Anda berkeinginan untuk melakukan ujian SBMPTN. Pembukaan ujian ini dilakukan tanggal 2 Juni 2020. Terdapat beberapa tata cara maupun ketentuan langkah pendaftaran diri untuk mengikuti UTBK tahun 2020  sebagai berikut:

  1. Pendaftaran akun secara mandiri pada laman LTMPT melalui portalnya di https://portal.ltmpt.ac.id. Pendaftaran berlangsung mulai dari 7 Februari hingga 5 April 2020. Anda diwajibkan menggunakan NISN dan NPSN. {LIHAT UPADATE TERBARU DIBAWAH ARTIKEL}
  2. Anda bisa memasuki akun dengan menggunakan username maupun email dan kata sandi yang sudah Anda gunakan untuk melakukan pendaftaran di LTMPT.
  3. Lengkapi data diri Anda seperti unggah foto dengan latar belakang warna terbaru, pengisian data dan verifikasi pada menu Verifikasi dan Validasi Data Siswa.
  4. Anda bisa menentukan pilihan jenis dan jadwal ujian serta lokasi yang sudah ditentukan oleh pihak LTMPT. Anda bisa menentukan penjadwalan di menu Pendaftaran UTBK sekaligus mendaptkan slip pembiayaan UTBK.
  5. Anda bisa melakukan pembayaran dengan menggunakan slip tersebut di beberapa bank seperti BNI, BTN dan Mandiri. Hal ini tidak berlaku bagi para pendaftar beasiswa KIP atau Kartu Indonesia Pintar Kuliah. Pembiayaan diharuskan selesai selama satu hari.
  6. Anda bisa melakukan pencetakan kartu peserta setelah melakukan pembayaran. Jangan lupa untuk masuk ke akun dan memilih pilihan “Pendaftaran UTBK”.
  7. Anda bisa mempersiapkan diri sesuai jadwal, ketentuan jenis tes dan lokasi yang sudah Anda tentukan. .

Kesempatan Tes UTBK 2020

Para peserta tes UTBK 2020 memiliki ketentuan sama dengan seleksi di tahun sebelumnya. Masih ada kesempatan bagi dua angkatan sebelumnya yaitu, tahun 2018 dan 2019 untuk melakukan tes sesuai dengan peminatan dan jurusan yang paling sesuai. Terutama, bagi Anda yang mengalami gap year maupun tidak sesuai dengan jurusan yang dijalankan sekarang. Bagi Anda lulusan tahun 2020 mendapatkan tantangan tersendiri seperti seleksi masuk PTN sebelumnya. Anda akan menghadapi tantangan dua angkatan sebelumnya. Tentunya, Anda harus memberikan hasil terbaik untuk bisa menembus PTN. Untuk kesempatan tes, setiap peserta diperbolehkan mengambil tes maksimal 1 kali.

Ketentuan Pelaksanaan UTBK 2020

Terdapat perbedaan tata cara pelaksanaan UTBK 2020 dibandingkan tahun sebelumnya. Anda diharuskan mengikuti ujian selama satu minggu dengan jumlah sesi ujian sebanyak 14 sesi. Setiap harinya Anda dihadapkan dengan 2 sesi. Anda bisa menentukan lokasi Pusat TBK Perguruan Tinggi Negeri sebanyak 74 tempat. Anda tidak bisa melakukan dua kali tes seperti yang terjadi di tahun sebelumnya. Anda diwajibkan hanya mengikuti satu tes dengan pemilihan kelompok ujian yang sudah Anda pilih. Kelompok ujian terdiri atas Saintek, Soshum dan IPC atau campuran. Hasil UTBK sangat berpengaruh terhadap seleksi SBMPTN yang dilaksanakan tiap-tiap kampus.

Kelompok Ujian UTBK Dan Materi Tes UTBK

Cara pendaftaran UTBK SBMPTN 2020 terdiri atas beberapa kelompok ujian yang harus Anda tentukan. Setiap pemilihan usahakan sesuai dengan jurusan yang paling tepat dengan kriteria Anda agar tidak menimbulkan penyesalan. Kelompok ujian UTBK terdiri atas Saintek, Soshum dan IPC.

Setiap kelompok ujian diwajibkan mampu menyelesaikan materi tes UTBK seperti TPS atau Tes Potensi Skolastik dan TKA atau Tes Kompetensi Akademik. Kelompok ujian Saintek diujikan dengan materi tes TPS dan TkA. Tes Kompetensi ini terdiri atas Kimia, Biologi, Fisika, Saintek dan Matematika. Pengerjaan diberikan waktu selama 180 menit atau 3 jam.

Kelompok ujian Soshum diberikan materi tes UTBK berupa TPS dan TKA Soshum. Materi tes TKA meliputi, Sosiologi, Ekonomi, Matematika Soshum, Sejarah dan Geografi. Anda diwajibkan memanfaatkan waktu selama 180 menit untuk menyelesaikan tes. Sedangkan, kelompok ujian IPC diwajibkan menyelesaikan gabungan diantara keduanya. Waktu yang diberikan berkisar 255 menit.

Jadwal Penting UTBK dan SBMPTN 2020

Bagi Anda yang ingin melakukan Tes UTBK dan SBMPTN diharapkan untuk membuat akun di portal LTMPT sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. Anda harus memeperhatikan waktu pelaksaan mulai dari registrasi, penutupan, tes dan pengumuman. Berikut beberapa tahapan jadwal penting UTBK dan SBMPTN tahun 2020.

  1. Tahapan Registrasi dilakukan pada tanggal 7 Februari hingga 5 April 2020
  2. Tahapan Pendaftaran UTBK yang dimulai pada tanggal 30 Maret hingga 11 April 2020
  3. Tahapan Pelaksanaan UTBK 2020 mulai tanggal 20 hingga 26 April 2020
  4. Tahapan Pengumuman UTBK 2020 12 Mei 2020
  5. Tahapan Pendaftaran SBMPTN mulai tanggal 2 Juni hingga 13 Juni 2020
  6. Tahapan Pengumuman Hasil Seleksi SBMPTN mulai tanggal 30 Juni 2020 pada 15.00 WIB.

{UPDATE TERBARU PASCA PANDEMI COVID-19}

Surat Edaran Tim Pelaksana LTMPT SE Nomor 11/SE.LTMPT/2020 tentang Jadwal Pelaksanaan UTBK 2020

Pada surat di atas, terdapat lima informasi terkait perubahan UTBK 2020, diantaranya:

  1. Materi tes yang diujikan adalah Tes Potensi Skolastik (TPS).
  2. Setiap peserta hanya diizinkan maksimal mengambil 1 (satu) kali tes.
  3. Pelaksanaan tes dilaksanakan dalam empat sesi setiap hari.
  4. Pendaftaran UTBK dan SBMPTN oleh peserta dilakukan satu kali/bersamaan, peserta harus memilih lokasi tes pusat UTBK dan memilih PTN dan Program Studi tujuan.

Jadwal Kegiatan UTBK SBMPTN 2020 adalah sebagai berikut: Pendaftaran UTBK dan SBMPTN: 02 – 20 Juni 2020 Pelaksanaan UTBK: 05- 12 Juli 2020 Pengumuman SBMPTN: 25 Juli 2020

Demikian Informasi Jadwal UTBK SBMPTN 2020 yang telah resmi diumumkan, semoga adik-adik dapat lebih siap lagi untuk tes SBMPTN 2020 ya…

Sebagai informasi, kuota penerimaan mahasiswa tahun 2020 melalui 3 jalur seleksi yaitu, SNMPTN, SBMPTN dan UM atau Ujian Mandiri. Setiap seleksi memiliki jumlah kuota yang sudah ditentukan. Kuota SNMPTN berkisar 20%, seleksi SBMPTN berkisar 40% sedangkan UM 30% dari keseluruhan daya tampun Perguruan Tinggi Negeri.

Tata cara pendaftaran UTBK SBMPTN 2020 memang terbilang berbeda mulai dari pendaftaran dan ketentuan tesnya. Anda bisa menghubungi secara langsung untuk tata cara lebih detail di  ltmpt.ac.id. Selamat berjuang semoga berhasil sesuai apa yang Anda cita-citakan.

Write a Comment