Pusat Bimbel Karantina Supercamp SBMPTN

Cara Membuat Brosur Bimbingan Belajar

brosur bimbingan belajar
brosur bimbingan belajar

Brosur bimbingan belajar bisa dijadikan sebagai alat promosi yang sangat berguna bagi lembaga bimbel tersebut. Apalagi jika menggunakan desain unik dan berbeda dari lainnya. Menarik perhatian calon konsumen dengan satu lembar saja, merupakan hal paling menantang.

Konten Brosur Bimbingan Belajar

Brosur bimbel biasanya berisi tentang informasi berupa iklan tanpa perantara pihak lain. Memberikan penjelasan secara mendetail kepada calon konsumen bahwa bimbel tersebut sudah ada. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan konten dalam sebuah brosur, di antaranya:

  1. Informasi Dasar

Konten yang pertama berkaitan dengan informasi dasar di dalam sebuah brosur tersebut. Biasanya berisi tentang nama lembaga bimbingan belajar, alamat terang lokasi, motto bimbel itu, dan legalitas bimbingan belajar supaya bisa menarik kepercayaan konsumen.

Informasi dasar ini jangan sampai menimbulkan pertanyaan baru di kepala pembacanya. Maka dari itu, informasi pada bagian ini haruslah dibuat secara detail dan terperinci. Gunakan font serta ukuran huruf yang bisa terbaca oleh orang lain, sehingga tidak membuat mereka kebingungan.

  1. Fasilitas Bimbingan Belajar

Kemudian, penting bagi Anda dalam menuliskan fasilat yang tersedia di dalam lembaga bimbingan belajar tersebut. Dengan menulis berbagai perlengkapan itu, lembaga pasti bisa bersaing dengan bisnis bimbel lainnya, bahkan dapat lebih unggul sebab penyediaan peralatan pendukungnya.

Fasilitas di dalam sebuah bimbingan, yaitu AC, papan tulis, proyektor, kondisi ruangan, sarana dan prasarana. Selain itu, kemampuan tenaga pengajarnya juga perlu Anda perhatikan. Kemudian, menentukan jadwal belajar serta materi pelajaran dan gambaran metode belajar bagi peserta didik.

  1. Pendaftaran dan Biaya Bimbingan Belajar

Konten berikutnya yang harus ada di dalam sebuah brosur bimbingan belajar adalah link pendaftaran atau tempat pendaftaran dan biaya bimbel tersebut. Jika Anda menggunakan sistem paket, maka bisa menuliskan kuantitas orang yang sesuai dengan penyediaan paket itu.

Bagian ini biasanya meliputi biaya pendaftaran, biaya bimbingan secara keseluruhan, syarat mendaftar, tata cara pembayaran, kontak pendaftaran, dan potongan diskon jika memang ada. Untuk menarik minat calon konsumen, bisa menggunakan harga promo terlebih dahulu.

Aplikasi Pembuat Brosur Bimbingan Belajar

Teknologi membantu pekerjaan manusia menjadi lebih mudah dalam mengerjakan berbagai hal. Salah satunya adalah membuat brosur bimbel. Sudah banyak sekali aplikasi yang ada di internet dan itu semua gratis, salah satu contohnya adalah canva. Berikut cara membuat brosur dengan mudah!

  1. Buka Website atau Aplikasi Canva

Canva merupakan tempat untuk mendesain berbagai keperluan dalam bisnis. Salah satunya adalah brosur. Sebelum itu, guna mempermudah aksesnya, Anda bisa melakukan pendaftaran terlebih dahulu agar prosesnya bisa terlaksana secara mudah.

Pendaftaran tersebut dan cara desainnya dapat dilakukan melalui website atau aplikasi canva. Tampilan berwarna biru putih di bagian depannya akan menyambut Anda. Kemudian, mulailah mendesain keperluan brosur menggunakan berbagai template tersedia.

  1. Kemudian Pilih Kertas

Sebelum mendesain brosur, perlu memilih kertas terlebih dahulu. Ada tersedia berbagai namanya, sehingga tidak perlu bingung lagi ketika membuatnya. Setelah mengeklik kertas, sistem akan mengarahkan Anda ke halaman untuk membuat desain.

Di samping kiri, tersedia berbagai template dan aksesoris pendukung. Atau jika ingin berkreasi sendiri, bisa dengan menggunakan kanvas putih. Kemudian, tambahkan berbagai ikon atau elemen sesuai keinginan dan jangan lupa menyesuaikannya dengan lembaga bimbel Anda.

  1. Kreasikan Sesuai Keinginan Anda

Jika Anda menggunakan template desain, maka bisa lebih mudah lagi dalam mendesainnya. Selain itu, tinggal modifikasi sesuai kebutuhan dan keinginan. Caranya pun cukup mudah, jika kebingungan, bisa melihat beberapa tutorial yang tersedia di internet.

Setelah itu, tempatkan berbagai konten yang telah disebutkan sebelumnya. Penempatan konten atau atribut lainnya haruslah selaras dan jangan sampai tidak sinkron. Perhatikan besar kecilnya huruf, karena hal tersebut bisa berguna sebagai penentuan tampilan brosur.

Bimbingan Belajar Animasi

Sebenarnya, menarik minat calon konsumen agar  mau bergabung dalam lembaga bimbingan belajar Anda bukan hanya melalui brosur. Walaupun brosur merupakan salah satu alat promosi atau iklan yang paling banyak terpakai oleh para pelaku usaha.

Namun, tidak ada salahnya untuk berbeda dari yang lainnya. Karena berbeda itu unik. Anda bisa menjadikan iklan atau alat promosi dalam bentuk animasi. Animasi sangat memiliki banyak minat belakangan ini.

Memberikan berbagai komponen pendukung tanpa menghilangkan informasi penting mengenai lembaga bimbel tersebut. Selain itu, animasi juga bisa disebarluaskan melalui sosial media lainnya yang  memungkinkan calon konsumen untuk mengunjunginya.

Bimbingan Belajar Kartun

Alat promosi dan iklan lainnya bisa menggunakan kartun. Kartun pastinya sangat disukai oleh para pelajar, apalagi jika diselingi dengan lelucon lucu. Pasti cara tersebut bisa dengan mudah menarik minat calon konsumen untuk segera bergabung ke dalam lembaga bimbel Anda.

Apalagi penyampaian promosinya dilakukan secara menarik, sehingga bisa meningkatkan kredibilitas lembaga. Selain itu, cara membuat sebuah kartun pun tidak terlalu susah. Asalkan Anda memiliki dasar-dasar dalam membuatnya, tinggal memodifikasi beberapa hal saja.

Gunakanlah kartun dengan mengadaptasi pada kejadian-kejadian yang sedang viral pada saat itu. Karena cara tersebut mampu menarik calon konsumen dengan mudah. Pasalnya, visual yang menarik bisa menangkap perhatian pelanggan secara mudah dan juga efisien.

Itu tadi penjelasan berkaitan dengan cara membuat brosur bimbingan belajar yang berguna sebagai alat promosi dan penyebaran informasi mengenai lembaga bimbel. Dengan menggunakan beberapa alat di atas, tentu Anda bisa lebih mudah dalam menarik pelanggan agar mau bergabung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *