Bimbel Masuk Kedokteran UI

Bimbel Masuk Kedokteran UI, Pengajarnya Alumni UI

Bimbel Masuk Kedokteran UI – Kedokteran merupakan salah satu fakultas yang selalu menjadi favorit dari banyak calon mahasiswa. Oleh karena itu tidak heran jika fakultas ini selalu menjadi primadona baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta. Terbukti saat pendaftaran dibuka, banyak para calon mahasiswa berbondong-bondong mendaftar di fakultas ini. Adapun salah satu kampus fakultas kedokteran yang juga menjadi incaran para pendaftar adalah kampus nomor 1 di Indonesia yakni Universitas Indonesia (UI).

Fakultas Kedokteran UI Tetap Menjadi Terfavorit Bagi Calon Dokter

Fakultas kedokteran UI  berdiri sejak tahun 1849 dan menjadi fakultas kedokteran yang tertua di indonesia. Kedokteran UI memang  telah meluluskan banyak ribuan dokter terbaik  yang berkompeten serta telah mengaharumkan nama almamaternya baik diluar maupun dalam negeri. Oleh karena itulah mengapa fakultas kedokteran UI ini sangat diminati dan menjadi banyak incaran para calon mahasiswa terutama yang ingin kuliah kedokteran.

Untuk bisa masuk pada fakultas kedokteran UI sendiri bukanlah hal yang mudah. Karena fakultas ini merupakan favorit jadi tentu setiap tahun penerimaan mahasiswa baru selalu dipenuhi pendaftar. Banyak dari para calon mahasiswa mengikuti bimbel masuk kedokteran UI dan berbagai tes masuk baik jalur SNMPTN,  SBMPTN maupun jalur mandiri seperti SIMAK UI namun belum juga bisa lolos. Hal ini karena tingkat kesulitan dan persaingannya memang sangatlah tinggi.

Berikut fakta-fakta kesulitan dalam masuk fakultas kedokteran UI:

Ujian masuk yang sulit

Karena kedokteran hubungannya dengan nyawa, maka otomatis fakultas ini memasang passing grade yang tinggi bagi para pendaftar yang akan masuk. Akan tetapi meskipun nilai batas kelulusan yang dipasang tinggi tapi hal ini berbanding dengan jumlah para pendaftarnya lho.

Biaya masuk yang sangat mahal

Memang  fakultas kedokteran terkenal dengan biaya masuk kuliah yang sangat tinggi. Bahkan ada rumor yang mengatakan bahwa biaya masuk fakultas kedokteran mencapai puluhan bahkan ratusan juta. Hal ini belum pula termasuk biaya kuliah lain seperti SPP.  Untuk mahasiswa yang kuliah di perguruan tinggi negeri biaya kuliah mungkin masih terjangkau karena terdapat penggolongan Uang Kuliah Tunggal (UKT).  Selain itu di PTN juga terdapat program beasiswa seperti BIDIK MISI yang bisa diikuti. Namun untuk perguruan swasta biaya masuk untuk fakultas kedokteran akan jauh lebih mahal.

Harus benar-benar cerdas

Selain biaya masuk yang sangat mahal, seseorang yang ingin masuk pada fakultas kedokteran haruslah benar-benar cerdas. Dikarenakan fakultas ini memang sangat berat dan susah. Calon mahasiswa harus mempunyai ingatan yang kuat karena perlu menghafal berbagai penyakit. Selain itu terdapat bahasa asing dan juga hitung-hitungan yang harus dimengerti. Oleh karena itu anda harus mempersiapkannya dari awal agar nantinya anda tidak kesusahan.

Harus terus belajar

Karena memiliki jumlah passing grade yang tinggi tentu bagi anda jika ingin bisa diterima di fakultas kedokteran UI harus terus belajar agar bisa mengerjakan soal ujian masuk. Tanpa adanya belajar yang rutin maka kemungkinan anda bisa diterima akan kecil karena soal-soal yang diberikan memang sangat susah.

Persaingan yang ketat

Fakultas kedokteran memang selalu menjadi favorit dan menjadi banyak incaran para mahasiswa  yang ingin masuk.  Oleh karena itu pada setiap tahap penerimaan mahasiswa baru fakultas kedokteran selalu dibanjiri oleh pendaftar meskipun kuota yang dibuka untuk fakultas ini tidak banyak. Oleh karena itu anda perlu mempersiapkan semuanya dari sekarang karena saingan anda nantinya tidak hanya sekelas wilayah saja, melainkan seluruh indonesia.

Bisa diterima di fakultas favorit dan di kampus favorit seperti fakultas kedokteran UI tentu menjadi sebuah kebanggaan untuk diri sendiri dan juga orang tua. Selain terkenal dengan fakultas yang keren,  fakultas kedokteran memang  juga terkenal akan seleksi masuknya yang susah dan biaya pendidikan yang mahal. Oleh karena itu umumnya mahasiswa kedokteran selalu dikagumi oleh banyak orang.

Kontak Via WA

Banyak Calon Mahasiswa Lolos Fakultas Kedokteran UI Ikut Bimbel Masuk Kedokteran UI

Untuk bisa diterima di fakultas kedokteran UI diperlukan perjuangan yang maksimal. Hal ini karena jumlah peminat yang mendaftar sangatlah banyak, sehingga persaingan untuk bisa masuk sangatlah ketat. Oleh karena itu banyak para calon mahasiswa mengikuti bimbel masuk kedokteran UI yang notabene pengajarnya sendiri merupakan alumni  dari UI yang sudah terseleksi, sehingga sangat berkompeten dan berpengalaman dalam membimbing siswa untuk bisa masuk PTN favorit.

Berikut beberapa alasan mengapa pentingnya mengikuti  bimbel untuk masuk kedokteran UI:

Menambah wawasan pembelajaran

Seperti halnya dengan tubuh yang memerlukan suplemen, maka belajar disekolah pun juga perlu ditingkatkan dengan wawasan-wawasan baru melalui bimbel. Dengan begitu kemampuan  yang diperoleh siswa menjadi semakin kuat dalam mendukung pembelajaran di sekolah.

Menambah persediaan latihan soal

Saat ini terdapat banyak program-program yang dibuka oleh para bimbel, salah satunya yakni program jalur tes Seleksi Nasional Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).  Nantinya anda akan diberikan kisi-kisi tentang materi yang akan keluar serta akan diberikan buku berupa kumpulan soal-soal sebagai latihan. Setiap bimbel memiliki trik dan juga teknik yang berbeda-beda untuk menjawap beberapa soal, sehingga anda akan sangat terbantu.

Bimbel menjadi back up

Tidak bisa memahami pelajaran yang diterangkan guru secara mudah, mungkin anda pernah mengalaminya bukan? Nah, disinilah peran bimbel berfungsi, yakni bimbel bisa memback up materi pelajaran. Anda bisa menanyakan kembali materi sekolah yang belum anda pahami pada tutor bimbel.  Anda akan memperoleh penjelasan yang lebih personal dengan cara-cara yang mudah.

Diskusi dengan mentor

Dengan mengikuti bimbel anda memang akan lebih leluasa bertanya pada mentor.  Baik terkait dengan pelajaran maupun tentang rencana jenjang pendidikan anda selanjutnya. Oleh karena itu disini bimbel juga bisa menjadi konsultan pendidikan. Suasana santai akan lebih tercipta karena anda tidak akan merasakan segan seperti ketika berhadapan dengan guru sekolah, dengan suasana yang santai maka belajar tentu menjadi lebih nyaman.

Mengukur kemampuan akademik

Selain soal-soal tentang ujian SNMPTN bimbel umumnya juga melakukan simulasi try out untuk mengukur kemampuan akademik dari siswanya. Hasil dari try out tersebut akan disusun berdasarkan ranking, sehingga anda bisa mengetahui kemampuan anda dari siswa bimbel lainnya. Hal ini juga dapat melatih jiwa persaingan, mengingat tes SNMPTN  merupakan persaingan antar seluruh peserta di Indonesia.

Menawarkan banyak program

Selain reguler, bimbel juga membuka banyak program-program yang bisa anda pilih sesuai kebutuhan anda seperti paket belajar persiapan UN, SNMPTN, SBMPTN, SIMAK UI, atau persiapan ujian bahasa seperti TOEFL dan TOAFL.

Strategi pengerjaan yang cepat

Tidak hanya melatih siswa untuk mengerjakan soal-soal, namun bimbel juga bertanggung jawab pada proses penyelesaian soal. Umumnya dalam bimbel diberikan trik dan strategi tetang bagaimana cara mengerjakan soal dengan cepat yang tentu kadang hal ini tidak didapatkan ketika di sekolah.

Meskipun seleksi masuk untuk bisa diterima di fakultas kedokteran UI sulit, tapi dengan usaha yang maksimal seperti ikut bimbel masuk kedokteran UI serta kesungguhan dalam belajar pasti akan membuahkan hasil dan anda bisa lolos pada fakultas yang anda inginkan.

Kontak Via WA

Write a Comment