Bimbel Intensif SBMPTN

Bimbel Intensif SBMPTN PTN Favorit ITB, UI, Dll

Perjuangan agar diterima di perguruan tinggi bukanlah hal yang mudah. Ditambah lagi perpindahan yang dirasakan dari masa sekolah menegah ke masa perkuliahan. Berbeda dengan masa sekolah, di perguruan tinggi para mahasiswa bebas memilih minat dan bakat untuk meningkatkan minat dan bakat agar potensi terasah.

Ada beberapa jalur proses penerimaan peserta didik baru di bangku perkuliahan, di antaranya adalah:

  • SNMPTN, seleksi penerimaan peserta didik (mahasiswa) baru melalui jalur undangan.
  • SBMPTN, seleksi penerimaan peserta didik baru melalui ujian yang diselenggarakan secara serentak dan nasional.
  • Ujian Mandiri, adalah seleksi penerimaan peserta didik baru yang diselenggarakan oleh universitas tertentu saja.
  • Syarat Calon Peserta Ujian SBMPTN
  • Sebelum mengetahui lebih lanjut, para calon mahasiswa perlu mengetahui jalur serta syarat penerimaan mahasiswa. Calon peserta harus tahu informasi mengenai sistem penilaian yang ditentukan supaya bisa memperkirakan seberapa besar peluang diterima di perguruan tinggi negeri pilihan.

Syarat-syarat pendaftaran SBMPTN

Supaya tidak terjadi kesalahan dalam proses pendaftaran, calon peserta harus mengetahui syarat-syarat pendaftaran SBMPTN dan sistem pendaftarannya. Berikut sudah kami sampaikan penjelasannya di bawah ini.

  1. Warga Negera Indonesia (WNI);
  2. Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat atau bisa Paket C tahun 2016 dan 2017 harus memiliki ijazah;
  3. Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat atau Paket C pada tahun 2018 minimal harus memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL). Di dalamnya harus memuat informasi data diri dan foto terbaru yang dibumbuhi oleh stempel/cap secara sah. SKL harus dibawa saat peserta menjalani ujian tulis; dan
  4. Peserta seleksi memiliki kesehatan memadai sehingga tidak menganggu proses pembelajaran di program studi yang dipilih.
  5. Berbeda dengan tahun kemarin, proses penerimaan peserta SBMPTN menerapkan sistem penilaian terbaru. Dalam sistem penilaian ini dilakukan berdasarkan kategori soal yang dijawab, yaitu bertingkat mulai mudah, sedang, sulit. Kategori tersebut ditentukan oleh jumlah peserta ujian yang mamu menjawab soal itu.

Jika dalam sistem penilaian sebelum jawaban salah diberi nilai -1, berbeda dengan SBMPTN tahun ini. Sistem penilaian SBMPTN 2020 mengacu pada dua aspek, yaitu peringkat dan nilai. Posisi peringkat memengaruhi kesempatan diterimanya para calon peserta didik universitas. Jawaban yang salah tidak berpengaruh terhadap nilai tetapi memengaruhi peringkat calon peserta didik.

Kesalahan yang ada di soal mudah memberikan pinalti yang lebih besar ketimbang kesalahan pada soal sedang atau sulit. Dengan sistem seperti ini, kendati para calon peserta didik menjawab soal dengan jumlah sama, bukan berarti nilai antar-peserta didik akan sama. Tidak termasuk menempatkan antar-peserta didik pada posisi berdekatan.

Penjelasan, Panduan, Fasilitas, Target, dan Syarat Daftar Bimbel Intensif SBMPTN

Dalam mempersiapkan tes penerimaan mahasiswa baru lulusan sekolah menengah dapat mengikuti bimbel intensif SBMPTN. Bimbingan belajar intensif merupakan program khusus kelas 12 SMA bahkan alumni SMA yang ingin mengikuti persiapkan UTBK, SBMPTN, Tes Masuk ITB, SIMAK UI, UTUL UGM, dan Ujian Mandiri perguruan tinggi tertentu.

Dalam pelaksanaan bimbel intensif ini dilaksanakan mulai dari 12 April 2020 hingga 13 Mei 2020. Waktu bimbingan belajar ditentukan berdasarkan dua sesi, di antaranya adalah:


• Senin sampai Jumat pukul 08.00 WIB – 13.00 WIB (Kelas Pagi).
• Senin sampai Jumat pukul 13.30 WIB – 20.00 WIB (Kelas Siang).

Jadwal Bimbel ION

Setiap kelas memiliki kapasitas masing-masing sebanyak 30 siswa. Bagi peminat akan mengeluarkan biaya program senilai Rp15.500.000 sebagai biaya pokok. Biaya pendaftaran senilai Rp500.000 sehingga total biaya yang dikeluarkan Rp16.000.000.

Kontak Via WA

Lokasi bimbingan belajar di Easton Park Residence Jatinagor, Jalan Raya Jatinangor Nomor 78, Cibeusi, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Kota Bandung, Jawa Barat.

Fasilitas yang diberikan, seperti peserta akan mendepatkan cara cepat dalam mengerjakan soal UTBK SBMPTN, Masuk ITB, SIMAK UI, UTUL UGM, dan PTN lainnya. Khusus fasilitas belajar, siswa berhak mendapatkan beberapa fasilitas seperti berikut:

Fasilitas Belajar

  • Free Wi-Fi
  • LCD Proyektor
  • Kelas ber-AC
  • Ruang belajar lengkap
  • Try Out diadakan setiap minggu
  • Setiap belajar peserta harus mengerjakan kuis yang sudah diberikan mentor
  • Peserta akan mendapat buku program, terdiri atas semua paket soal SBMPTN lengkap
  • Peserta bimbingan belajar mendapatkan soal prediksi
  • Soal-soal tambahan akan diberikan dalam bentuk kuis

Target Bimbel Intensif di Bimbel ION

Dalam proses pembelajaran intensif SBMPTN ada target yang ingin dicapai. Adanya target diharapkan peserta mampu memenuhi keinginan mereka untuk lolos SBMPTN di pergurutan tinggi yang diminatinya. Berikut adalah capaian target program bimbingan belajar intensif.

Target Bimbel Intensif SBMPTN

  • Mempersiapkan siswa/siswi untuk menghadapi Ujian Mandiri, UTBK, dan SIMAK UI.
  • Peserta dapat menguasai soal-soal UTBK yang sulit dan mudah sehingga peserta bisa mengoptimalkan kemampuan dalam ujian UTBK.
  • Peserta bimbel nantinya bisa memilih jurusan yang tepat dan sesuai dengan minat serta bakat.
  • Membantu peserta untuk masuk ke jurusan dan universitas yang mereka inginkan.
  • Lulus di UI atau PTN favorit yang diinginkan setiap peserta bimbel intensif.

Dalam penerapannya, bimbel intensif menyediakan beberapa bidang studi. Setiap siswa diharapkan mampu mempelajari setiap bidang yang sudah mereka kuasai serta relevan dengan bidang atau jurusan pada perguruan tinggi negeri. Berikut adalah bidang studi pada bimbel intensif.
1. Bidang IPA
TPS (Tes Potensi Skolastik), terdiri atas TPA, matematika dasar, bahasia Indonesia, dan bahasa Inggris.
• TKA (Tes Kemampuan Akademik), yang terdiri atas Matematika IPA, Fisika, Biologi, dan Kimia
2. Bidang IPS
• TKS (Tes Potensi Skolastik), yang terdiri atas TPS matematika dasar, bahasa Inggris, dan bahasa Indonesia.
• TKA (tes Kemampuan Akademik), yang terdiri atas geografi, sejarah, ekonomi, dan sosiologi.

Bagi para calon peserta yang ingin mengikuti bimbel intensif harus memenuhi syarat. Berikut adalah syarat pendaftaran bimbingan belajar intensfi SBMPTN.

  1. Calon peserta harus mengisi formulir pendaftaran daring (online) melalui website resmi www.bimbelprivation.com atau bisa langsung datang ke Office Bimbel Private ION.
  2. Calon peserta harus membayar biaya program sesuai dengan program yang akan diambil.
  3. Calon peserta harus melampirkan foto digital berwarna dalam bentuk soft file dan dibawa pada saat registrasi program bimbingan belajar.

Persiapan sebelum Menghadapi Ujian SBMPTN

Sebelum menentukan kampus dan mengikuti bimbel ada baiknya mempersiapkan diri. Ada beberapa hal yang patut dilakukan bagi calon peserta bimbel maupun calon mahasiswa, di antaranya:

  1. Mengatur waktu. Jeda waktu terbilang singkat antara ujian nasional dengan ujian SBMPTN. Para calon peserta harus memaksimalkan waktu yang ada.
  2. Selain ikut bimbingan belajar, calon peserta perlu kesadaran dengan mengerjakan latihan soal prediksi SBMPTN.
  3. Menentukan jurusan dan universitas serta daya saing agar peluang diterima lebih besar.
  4. Ikut bimbingan belajar intensif agar kebutuhan calon peserta terhadap ujian SBMPTN terpenuhi. Di samping itu, mereka akan mendapat mentor berkualitas, mahasiswa berprestasi dari kampus besar, dosen, bahkan profesor.

Tidak ada alasan lagi untuk menunda persiapan SBMPTN. Sekarang sudah ada bimbel intensif SBMPTN untuk memudahkan para calon peserta menggapai cita-cita setinggi langit.

Kontak Via WA

Write a Comment