Tanaman Herbal – Jakarta (ANTARA) – Saat ini masyarakat berupaya melindungi dan memulihkan kesehatan para penyintas dan anggota masyarakat lainnya di masa pandemi COVID-19.

Risiko dan bahaya tertular virus corona jenis baru penyebab COVID-19 yang merupakan virus mutasi, kini tersembunyi bagi semua orang, apalagi jika kondisi kesehatannya semakin memburuk.

Tanaman Herbal

Tanaman Herbal

Dalam berbagai kesaksian para penyintas yang kemudian dinyatakan sembuh dari COVID-19, banyak yang berbicara tentang bagaimana ramuan herbal tradisional yang kini dikenal dengan jamu mampu memulihkan sistem kekebalan tubuh.

Manfaatkan Tanaman Herbal Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Dan Lawan Virus Corona, Mahasiswi Undip Berikan Edukasi Tentang Khasiat Dan Cara Pembuatannya

Isu pemanfaatan tanaman herbal ini diperkuat oleh Bambang Wibowo, Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan, melalui Surat Edaran (SE) HK.02.02/IV.2243/2020 pada 19 Mei. Pencegahan Penyakit dan Perawatan Kesehatan.

SE menjelaskan enam bahan untuk meningkatkan imunitas tubuh, yaitu bahan pertama terbuat dari jahe merah, jeruk nipis, kayu manis, gula merah dan air. Lalu bahan kedua kunyit, lengkuas, jeruk nipis, air, gula merah. Tiga bahan, pegagan, jahe merah, jahe, air, gula jawa.

Empat bahan, lengkuas, beras, daun pandan, gula jawa, air. Selanjutnya potok kelima terdiri dari daun kelor (dua genggam) dan air (dua gelas), cara pembuatannya adalah dengan merebus air hingga mendidih, masukkan daun kelor, lalu matikan api dan saring setelah dingin. . Cara pakainya: satu gelas dua kali sehari untuk orang dewasa, dan setengah gelas dua kali sehari untuk anak-anak.

Tentunya jika melihat sejarah panjang, pemanfaatan tanaman tradisional seperti ini merupakan kearifan lokal yang diturunkan dari nenek moyang dahulu kala, namun kini sebagian besar sudah dikuasai oleh produsen besar.

Menjaga Kesehatan Dengan Tumbuhan Tradisional Saat Pandemi

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Siti Nurbaya saat memperingati Hari Hutan Internasional (HHI) 2021 mengatakan hutan harus dijaga karena memberikan manfaat kesehatan bagi semua.

“Hingga 25 persen dari seluruh obat di negara maju diperoleh dari tumbuhan, dan di negara berkembang kontribusinya mencapai 80 persen,” ujarnya.

Penelitian ini, beberapa diantaranya Candidaspongia sp. Investigasi mikroba menguntungkan tumbuhan di Taman Wisata Alam (TWA) Teluk Kupang, Taman Nasional (TN) Gunung Ciremai yaitu cendawan (Hursutella sp dan Lecanicillium sp), isolat bakteri pemacu pertumbuhan (C71), AKBr1 dan AKS), dan isolat bakteri antibeku (PGMJ1 dan A1).

Tanaman Herbal

Pernyataan Menteri Perlindungan Lingkungan Hidup dan Kehutanan ini dibenarkan oleh Profesor Ervizal A.M. Zuhud, Guru Besar Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor (IPB), mengatakan di hutan terdapat ratusan jenis tanaman obat. Berbagai suku bangsa di Indonesia dalam mengobati penyakit.

Bersama Unsoed, Bupati Umi Ajak Warga Kalibakung Budidayakan Tanaman Obat

Masyarakat sekitar hutan memanfaatkan berbagai tumbuhan dan hewan dari hutan untuk menjaga kesehatan dan mengobati berbagai penyakit.

Profesor Amzu – Ervizal A.M. Serangkaian penelitian etnobotani Indonesia yang dilakukan dengan nama samaran Zuhud mengungkapkan, terdapat ratusan spesies tumbuhan obat yang digunakan untuk mengobati penyakit.

Secara spesifik, 78 spesies dari 34 negara digunakan untuk mengobati malaria, 133 spesies tanaman obat digunakan oleh 30 suku, 110 spesies digunakan oleh 30 negara untuk mengobati gangguan pencernaan, dan 98 spesies tanaman obat digunakan di 27 negara untuk pengobatan. . penyakit kulit.

Secara total, 82 persen dari total spesies tumbuhan obat diketahui hidup di ekosistem hutan tropis di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut.

Majlis Ta’lim Budidaya Tanaman Herbal, Gubernur Ntb Resmikan Mata Aa’ Jayagoro Masbagik Lombok Timur

Di setiap bagian kawasan taman nasional ditemukan berbagai jenis tanaman obat yang dapat menyembuhkan 25 kelompok penyakit yang diderita masyarakat.

Ia menyimpulkan, setiap taman nasional yang merupakan ekosistem hutan hujan tropis memiliki bahan baku obat berbagai penyakit dan mengembangkan sistem pengetahuan lokal berupa hutan etno yang bersifat farmasi secara turun temurun.

Namun menurut Amzu, sangat mengkhawatirkan jika banyak pengetahuan masyarakat lokal yang hilang akibat campur tangan dunia yang tidak terkendali.

Tanaman Herbal

Potensi sumber daya medis yang dimiliki Indonesia sangat berharga untuk menunjang kedaulatan Indonesia, karena masyarakat dunia kini sedang giat mengkampanyekannya.

Sentra Tanaman Herbal Binaan Pertamina

, dan tren ini menjadi peluang bagi Indonesia untuk memproduksi obat-obatan herbal dan obat tradisional lainnya milik masyarakat tersebut.

“Deforestasi merugikan lingkungan dan kesehatan manusia, meningkatkan emisi karbon dan mengurangi keanekaragaman hayati. Kita harus ingat bahwa hampir sepertiga penyakit menular baru terkait dengan perubahan penggunaan lahan, seperti penggundulan hutan,” katanya dalam pernyataan internasional. Tanggal 21 Maret 2021 adalah Hari Hutan.

Dia mengatakan bahwa setiap pohon sangat penting. Oleh karena itu, proyek penanaman dan restorasi skala kecil dapat memberikan dampak yang besar. Tidak hanya di pedesaan, penghijauan perkotaan menciptakan udara bersih dan tempat yang indah, serta sangat bermanfaat bagi kesehatan mental dan fisik warga kota.

Restorasi menawarkan prospek pengembalian pohon dan hutan dalam skala besar ke lanskap hutan yang kritis dan terdegradasi, sehingga meningkatkan keberlanjutan ekologi dan produktivitas.

Kuliah Bersama Praktisi

Terakhir, seruan dan seruan untuk melestarikan hutan yang memiliki manfaat yang begitu berharga, termasuk tanaman obat yang dikandungnya, harus lebih dipromosikan dan diperkuat dengan tujuan melestarikan kekayaan sumber daya hayati untuk kesehatan.

Tanaman herbal obat kanker, tanaman herbal untuk hiv, tanaman herbal darah tinggi, tanaman herbal untuk kanker, tanaman herbal untuk prostat, tanaman herbal untuk jantung, tanaman herbal untuk menopause, tanaman herbal untuk diabetes, tanaman herbal diabetes, tanaman herbal untuk tumor, tanaman herbal untuk stroke, tanaman herbal untuk ginjal

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *